Tuesday 9 July 2013

Mohon Maaf Lahir Batin

Marhaban ya Ramadlan kullu aamin wa antum bikhairin

Assalamu alaikum wrwb

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (2:183)

Hadis riwayat Abu Said Al Khudri ra. ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, Setiap hamba yang berpuasa di jalan Allah, maka berkat puasanya itu Allah akan menjauhkannya dari api neraka sejauh perjalanan tujuh puluh tahun (644)

Rasulullah bersabda "Barang siapa yang berpuasa di bulan ramadlan karena iman dan mengharapkan keridhaannya, maka Allah mengampuni dosa-dosanya yang lalu maupun dosa yang akan datang".

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,
(yaitu) orang-orang yang :
1. menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan

2. orang-orang yang menahan amarahnya dan

3. memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (3:133-134)

Manusia yang baik bukan berarti  manusia yang tidak pernah bersalah akan tetapi manusia bersalah itu menyadari kesalahannya dan tidak mau mengulangi perbuatan salah tersebut dengan memohon ampunan kepada Allah dengan taubat nasuha.

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu".(65:8)

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. (3:135)

Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.(3:136)

Allah memang maha Pengampun, maka Allah mengampuni kepada siapa saja yang bertaubat kepadanya walaupun dosa kita sepenuh bumi selama tidak mempersekutukan Nya, walaupun berdosa kepadanya akan tetapi Allah tidak akan mengampuni seseorang bila diantara kita belum saling memaafkan

Hadis riwayat Anas bin Malik ra. ia berkata,  Rasulullah saw. bersabda, Janganlah kamu saling benci, saling dengki dan saling sinis, Jadilah kamu hamba-hamba Allah yang bersaudara. Tidak halal seorang muslim memboikot (tidak menyapa) saudaranya lebih dari tiga hari (1485)

Hadis riwayat Abu Ayub Al Anshari ra. ia berkata,  Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda, Tidak halal seorang muslim memboikot (tidak mau menyapa) saudaranya lebih dari tiga malam. Keduanya bertemu saling memalingkan wajahnya. Yang terbaik di antara mereka ialah orang yang memulai mengucapkan salam (1486)

Sangat saya rasakan bahwa saya orang yang paling banyak bertutur lidah dan buanyak bicara melalui postingan di sini tentu saja ada yang tidak berkenan dan tidak menyenangkan hati mentemen baik kata  saya atau bahasa saya baik bicara atau peribahasa yang tidak sesuai itu semata karena keterbatasan dan kekurangan  saya mohon dimaafkan  baik lahir maupun batin karena saya tidak memiliki ilmu dan hanya Allah yang memiliki serta mengasih pengetahuan itupun hanya sedikit, kecuali ilmu dan milik Allah yang luas ilmunya.. kullu aamiin wa antum bikhairin

Pemerintah telah menetapkan 1 Ramadlan jatuh pada hari Rabu, besok 10 Juli 2013,  maka kita sebagai warga negara yang baik senantiasa patuh dan taat pada Allah, taat pada utusanNya dan kepada Pemerintah di  negeri tercinta ini  sebagaimana ditegaskan Allah dalam firmannya "Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri (pemerintah) di antara kamu.(4:59)".

Selamat menunaikan ibadah puasa ramadlan,  semoga kita meraih lailatulqadar , meraih keberkahan, hidayah dan maunah kerahmatan, dan dijauhkan dari api neraka

Ya Allah! Ampunilah kesalahan dan kebodohanku, dan juga sikapku yang berlebih-lebihan dalam segala urusanku. Engkau tentu lebih tahu daripada aku. Ya Allah! Ampunilah kesungguhanku dan kelakarku, ketidak sengajaanku dan kesengajaanku. Semua itu ada di sisi-Mu. Ya Allah! Ampunilah dosa yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan yang aku lakukan secara sembunyi maupun yang aku lakukan secara terang-terangan. Engkau tentu lebih tahu daripada aku. Engkau-lah yang Terdahulu sekaligus yang Terakhir dan Engkau-lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu (1559)

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka".
Barakallahu lanawalakum wataqbbal minna innaka ala kulli syain qadir

Komentar
1 Komentar

1 komentar:

Hadis riwayat Abu Hurairah ra. dari Nabi saw. tentang apa yang beliau ceritakan dari Allah swt. beliau bersabda, Seorang hamba melakukan dosa, lalu mengucap, اللهم اغفرلى ذنبى Ya Allah, ampunilah dosaku. Allah Taala berfirman, Hamba-Ku berbuat dosa, tetapi dia tahu bahwa dia mempunyai Tuhan yang mau mengampuni dosa, atau menghukum sebab dosa itu. Kemudian orang itu mengulangi berbuat dosa, lalu mengucap sesudah itu, Wahai Tuhan-ku, ampunilah dosaku. Allah Taala berfirman, Hamba-Ku berbuat dosa, tetapi dia tahu bahwa dia mempunyai Tuhan yang bisa mengampuni dosa, atau menghukum sebab dosa itu. Kemudian orang itu melakukan dosa lagi, lalu mengucap, Wahai Tuhan-ku, ampunilah dosaku. Allah Taala berfirman, Hamba-Ku berbuat dosa, tetapi dia tahu bahwa dia mempunyai Tuhan yang dapat mengampuni dosa atau menghukum sebab dosa itu. Berbuatlah sesukamu, Aku benar-benar telah mengampunimu (selama engkau berdosa, lalu bertaubat)

Post a Comment

.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More