Monday 5 March 2012

Tafsir Ibnu Katsir dari Surat Al-Baqarah (2:255)


اللَّهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَّهُ مَا فِي السَّمَـوَاتِ وَمَا فِي الاٌّرْضِ مَن ذَا الَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَآءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَـوَاتِ وَالاٌّرْضَ وَلاَ يَؤُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِىُّ الْعَظِيمُ

(255 Allah!. Tidak ada yang berhak disembah selain Dia, Maha Hidup, Dia yang menopang dan melindungi semua yang ada. Baik tidur atau tidur menyusul Dia. Untuk milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi Siapakah dia yang dapat bersyafaat dengan Dia kecuali dengan izin-Nya Dia tahu apa yang terjadi pada mereka (makhluk-Nya) di dunia ini, dan apa yang akan terjadi pada mereka di akhirat Dan mereka tidak akan pernah kompas sesuatu dari-Nya Pengetahuan kecuali. yang. Dia kehendaki. Nya Kursi membentang di atas langit dan bumi, dan Dia tidak merasa lelah dalam menjaga dan memelihara mereka, dan Dia adalah Maha Tinggi lagi Maha Besar..)

Kebajikan Ayat Al-Kursi

Ini adalah Ayat Al-Kursi dan kebajikan luar biasa telah dikaitkan dengan itu, untuk otentik Hadis menjelaskan sebagai `yang Ayah terbesar dalam Kitab Allah." Imam Ahmad mencatat bahwa `Ubay bin Ka` b mengatakan bahwa Nabi bertanya kepadanya tentang Ayah terbesar dalam Kitab Allah, dan `Ubay menjawab," Allah dan Rasul-Nya lebih tahu''Ketika Nabi mengulangi pertanyaannya beberapa kali., `Ubay berkata," Ayat Al-Kursi''Nabi berkomentar.,

لِيَهْنِكَ الْعِلْمُ أَبَا الْمُنْذِرِ، وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ، إِنَّ لَهَا لِسَانًا وَشَفَتَيْنِ، تُقَدِّسُ الْمَلِكَ عِنْدَ سَاقِ الْعَرْش

(Selamat untuk memiliki pengetahuan, O Abu Al-Mundzir Dengan Dia di tangan-Nya! Jiwa-Ku! Ini Ayah memiliki lidah dan dua bibir dengan yang ia memuji Raja (Allah) di samping kaki Takhta.) Hadis ini adalah juga dikumpulkan oleh Muslim, tetapi dia tidak termasuk bagian yang dimulai dengan, "Dengan Dia di tangan-Nya ...'' Imam Ahmad mencatat bahwa Abu Ayyub berkata bahwa ia telah beberapa kurma dan Ghoul yang digunakan untuk mengambil beberapa, dan dia mengeluh kepada Nabi Nabi berkata. sama dia, "Ketika Anda melihatnya, berkata, 'Dalam Nama Allah, jawaban Rasulullah'''Abu Ayyub. mengatakan bahwa ketika dia datang lagi, dia mengatakan kata-kata dan dia mampu meraihnya. Dia memohon, "Aku tidak akan datang lagi,''sehingga Abu Ayyub melepaskannya Abu Ayyub pergi ke Nabi dan. Nabi bertanya kepadanya," Apa yang Anda lakukan''tahanan Abu Ayyub berkata, "Aku meraih dan dia berkata dua kali , 'Aku tidak akan datang lagi,' dan aku melepaskannya''Nabi berkata, "Dia akan datang kembali''Abu Ayyub berkata,." Jadi saya mengambil dua atau tiga kali, namun setiap kali aku akan membebaskannya. ketika ia bersumpah untuk tidak kembali. aku akan pergi kepada Nabi yang akan bertanya kepada saya, `Apakah berita tentang tawanan Anda 'Aku akan berkata,' Saya menyambar, kemudian dilepaskan ketika dia mengatakan bahwa dia tidak akan kembali." Nabi akan mengatakan bahwa dia akan kembali Sekali, aku meraih dan. Dia berkata, 'Lepaskan saya dan saya akan mengajarkan anda sesuatu untuk mengucapkan sehingga tidak menyentuh merugikan Anda, yaitu, Ayat Al-Kursi. " Abu Ayyub pergi ke Nabi dan berkata kepadanya, dan Nabi berkata, "Dia adalah pendusta, tapi dia mengatakan yang sebenarnya''At-Tirmidzi dicatat dalam hadis dalam bab dari kebajikan Al-Qur'an. Dan berkata," Hasan Gharib.''Dalam bahasa Arab, `Ghoul 'mengacu pada Jin ketika mereka muncul di malam hari. Al-Bukhari mencatat cerita yang sama dalam bukunya Sahih dari Abu Hurairah, dalam bab tentang nilai-nilai Al Qur'an dan deskripsi setan Dalam narasi ini, Abu Hurairah berkata,. "Rasulullah ditugaskan saya untuk tetap mengawasi (amal) Shadaqah Ramadan. Sebuah menyelinap orang di dan mulai mengambil segenggam bahan makanan. Aku menangkapnya dan berkata, 'Demi Allah, aku akan membawa Anda ke Rasulullah. " Dia berkata, 'Release saya, karena Aku lemah lembut dan memiliki banyak tanggungan dan saya sangat memerlukan. " Aku membebaskannya, dan di pagi hari Rasulullah bertanya kepada saya, 'Apa yang Anda lakukan kemarin tawanan, hai Abu Hurairah' Aku berkata, 'Wahai Allah! Dia mengeluh karena miskin dan memiliki tanggungan banyak, jadi aku kasihan kepadanya dan membiarkannya pergi. " Rasulullah berkata, 'Sesungguhnya, dia mengatakan Anda berbaring dan akan datang lagi. " Aku percaya bahwa dia akan muncul lagi, agar Rasulullah telah mengatakan kepada saya bahwa dia akan kembali. Jadi, saya melihat baginya. Ketika ia (muncul dan) mulai mencuri segenggam bahan makanan, aku menangkap memegang lagi dan berkata, 'Aku pasti akan membawa Anda ke Rasulullah. " Dia berkata, 'Tinggalkan aku, karena aku sangat membutuhkan dan memiliki banyak tanggungan. Aku berjanji tidak akan kembali lagi. " Aku kasihan kepadanya dan membiarkannya pergi. Di pagi hari Rasulullah bertanya kepada saya, 'Apa yang Anda lakukan tahanan semalam, wahai Abu Hurairah! " Aku menjawab, `Wahai Allah! Ia mengeluh kebutuhan besar dan terlalu banyak tanggungan, jadi aku kasihan kepadanya dan membebaskannya. " Rasulullah berkata, 'Sesungguhnya, dia mengatakan anda berbohong, ia akan kembali'. Aku menunggu penuh perhatian untuk ketiga kalinya, dan ketika ia (datang) mulai segenggam mencuri bahan makanan, saya menangkap memegang dia dan berkata, 'Aku pasti akan membawa Anda ke Rasulullah karena itu merupakan ketiga kalinya Anda berjanji tidak untuk kembali, namun Anda kembali. " Dia berkata, 'Mari saya mengajarkan beberapa kata-kata yang Allah akan memberikan Anda mendapatkan keuntungan dari. " Saya bertanya, `Apa yang mereka 'Dia menjawab,' Setiap kali Anda pergi tidur, membaca Ayat Al-Kursi-Allahu la ilaha illa Huwal-Hayyul-Qayyum, sampai Anda menyelesaikan ayat keseluruhan. (Jika Anda melakukannya), Allah akan menunjuk seorang penjaga bagi Anda yang akan tinggal bersama Anda, dan tidak ada setan akan mendekati Anda sampai pagi. " Jadi, aku melepaskannya. Di pagi hari, Rasulullah bertanya, 'Apa yang Anda lakukan kemarin napi' Aku menjawab, `Wahai Allah! Dia menyatakan bahwa dia akan mengajari saya beberapa kata dengan yang Allah akan memberikan saya beberapa keuntungan, jadi saya membiarkan dia pergi. " Rasulullah bertanya, `Apa yang mereka 'Aku menjawab,' Dia berkata kepadaku Setiap kali Anda pergi tidur, membaca Ayat Al-Kursi dari awal sampai akhir, Allahu la ilaha illa Huwal-Hayyul-Qayyum. Dia lebih jauh berkata kepadaku (Jika Anda melakukannya), Allah akan menunjuk seorang penjaga bagi Anda yang akan tinggal bersama Anda, dan tidak ada setan akan mendekati Anda sampai pagi. (Salah satu narator) maka berkomentar bahwa mereka (para sahabat) sangat antusias untuk melakukan perbuatan baik. Nabi berkata, 'Ia berbicara kebenaran, meskipun ia adalah pendusta. Apakah Anda tahu siapa kau bicara, ini tiga malam, Wahai Abu Hurairah 'Abu Hurairah berkata,' No ' Dia berkata, 'Itu adalah Sebuah Setan'''.-Nasa'i juga tercatat hadits ini dalam Al-yawm wa Al-Laylah.
Greatest nama Allah dalam ayat Al-Kursi

Imam Ahmad mencatat bahwa Asma binti Yazid bin 'As-Sakan berkata, "Aku mendengar Rasulullah berkata tentang Ayat kedua,

اللَّهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ

(Tidak ada Allah! berhak disembah selain Dia, Maha Hidup, Dia yang menopang dan melindungi semua yang ada) 2255, dan,

الم - ذَلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ

(Alif-Lam-Mim. Allah! Tidak ada berhak disembah selain Dia, Maha Hidup, Dia yang menopang dan melindungi semua yang ada) 31-2,

إِنَّ فِيهِمَا اسْمَ اللهِ الْأَعْظَم

(Mereka berisi Nama Allah Greatest.) Ini juga merupakan narasi yang dikumpulkan oleh Abu Dawud, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi berkata, "Hasan Sahih''. Selanjutnya Ibnu Marduwyah mencatat bahwa Abu Umamah menceritakan bahwa Nabi saw mengatakan ,

اسْمُ اللهِ الْأَعْظَمُ، الَّذِي إِذَا دُعِيَ بِهِ أَجَابَ، فِي ثَلَاثٍ سُورَةِ الْبَقَرَةِ وَآلِ عِمْرَانَ وَطه

(Nama Allah Greatest, jika Dia berdoa dengan itu, Dia menjawab doa, adalah dalam tiga Sura -. Al-Baqarah, Al `Imran dan Ta-Ha) Hisyam bin` Ammar, para Khatib (orator) dari Damaskus (salah satu pencerita dalam narasi di atas), mengatakan, "Adapun Al-Baqarah, itu dalam,

اللَّهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ

(Tidak ada Allah! berhak disembah selain Dia, Maha Hidup, Dia yang menopang dan melindungi semua yang ada) 2255; di Al `Imran, itu dalam,

الم - ذَلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ

(Alif-Lam-Mim. Allah! Tidak ada berhak disembah selain Dia, Maha Hidup, Dia yang menopang dan melindungi semua yang ada) 31-2, sedangkan di Ta-Ha, itu dalam,

وَعَنَتِ الْوُجُوهُ لِلْحَىِّ الْقَيُّومِ

(Dan (semua) wajah akan direndahkan sebelum (Allah), Maha Hidup, Dia yang menopang dan melindungi semua yang ada) 20111.''
Ayat Al-Kursi telah Kalimat Sepuluh Arab Lengkap 1. Allah pernyataan,

اللَّهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ

(Tidak ada Allah! berhak disembah melainkan Dia) menyebutkan bahwa Allah adalah Satu dan Hanya Tuhan atas semua ciptaan. 2. Allah pernyataan,

الْحَىُّ الْقَيُّومُ

(Al-Hayyul-Qayyum) bersaksi bahwa Allah adalah Maha Hidup, Yang tak pernah mati, yang menopang semua orang dan segala sesuatu. Seluruh ciptaan berdiri yang membutuhkan Allah dan benar-benar bergantung pada-Nya, sedangkan Dia adalah Paling Kaya, Siapa yang berdiri di membutuhkan apa-apa dibuat. Demikian pula, Allah berfirman,

وَمِنْ ءَايَـتِهِ أَن تَقُومَ السَّمَآءُ وَالاٌّرْضُ بِأَمْرِهِ

(Dan di antara tanda-tanda-Nya adalah bahwa langit dan bumi berdiri dengan perintah-Nya) 3025. 3. Allah pernyataan,

لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ

(Baik menyusul terlelap dan tidak tertidur-Nya) berarti, tidak ada kelemahan, ketidaktahuan atau ketidaktahuan yang pernah menyentuh Allah. Sebaliknya, Ia menyadari, dan kontrol apa setiap jiwa menghasilkan, telah menonton yang sempurna atas segala sesuatu, keluar tidak ada pengetahuan-Nya, dan tidak peduli rahasia rahasia kepada-Nya. Di antara sifat-sifat yang sempurna, adalah kenyataan bahwa Dia tidak pernah dipengaruhi oleh tidur atau tidur. Oleh karena itu, pernyataan Allah,

لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ

(Tidur Baik menyusul Nya) menunjukkan bahwa tidak ada ketidaksadaran karena tidur pernah menyusul Allah. Allah berfirman setelah itu,

وَلاَ نَوْمٌ

(Tidak tidur), yang lebih kuat dari tidur. Hal ini tercatat dalam Sahih bahwa Abu Musa berkata, "Rasulullah menyampaikan pidato tentang empat kata

إِنَّ اللهَللهَلا يَنَامُ، وَلَا يَنْبَغِي لَهُ أَنْ يَنَامَ، يَخْفِضُ الْقِسْطَ وَيَرْفَعُهُ، يُرْفَعُ إِلَيْهِ عَمَلُ النَّهَارِ قَبْلَ عَمَلِ اللَّيْلِ، وَعَمَلُ اللَّيْلِ قَبْلَ عَمَلِ النَّهَارِ، حِجَابُهُ النُّورُ أَوِ النَّارُ لَوْ كَشَفَهُ لَأَحْرَقَتْ سُبُحَاتُ وَجْهِهِ مَا انْتَهَى إِلَيْهِ بَصَرُهُ مِنْ خَلْقِه

(Allah tidak tidur, dan tidak pantas keagungan-Nya bahwa Dia tidur Dia menurunkan timbangan dan menimbulkan mereka.. Yang perbuatan hari dibangkitkan di depan-Nya sebelum perbuatan malam, dan perbuatan malam sebelumnya perbuatan hari. Nya Veil ringan, atau kebakaran, dan jika Dia menghapusnya, sinar dari wajah-Nya akan membakar apa pun yang melihat-Nya mencapai ciptaan-Nya) 4.. Allah pernyataan,

لَّهُ مَا فِي السَّمَـوَاتِ وَمَا فِي الاٌّرْضِ

(Kepunyaan-Nya lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi) menunjukkan bahwa setiap orang adalah hamba bagi Allah, bagian dari kerajaan-Nya dan di bawah kuasa-Nya dan otoritas. Demikian pula, Allah berfirman,

إِن كُلُّ مَن فِى السَّمَـوَتِ وَالاٌّرْضِ إِلاَّ آتِى الرَّحْمَـنِ عَبْداً - لَّقَدْ أَحْصَـهُمْ وَعَدَّهُمْ عَدّاً - وَكُلُّهُمْ ءَاتِيهِ يَوْمَ الْقِيَـمَةِ فَرْداً

(Tidak ada di langit dan bumi, tetapi datang kepada Yang Maha Pemurah (Allah) sebagai seorang hamba. Sesungguhnya, Dia tahu setiap salah satu dari mereka, dan telah menghitung mereka menghitung penuh Dan setiap orang dari mereka. Akan datang kepada-Nya sendirian di hari kiamat (tanpa pembantu apapun, atau pelindung atau bek)) 1993-95. 5. Allah pernyataan,

مَن ذَا الَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ

(Siapa dia yang dapat bersyafaat dengan Dia kecuali dengan izin-Nya) adalah serupa dengan pernyataan-Nya,

وَكَمْ مِّن مَّلَكٍ فِى السَّمَـوَتِ لاَ تُغْنِى شَفَـعَتُهُمْ شَيْئاً إِلاَّ مِن بَعْدِ أَن يَأْذَنَ اللَّهُ لِمَن يَشَآءُ وَيَرْضَى

(Dan ada banyak malaikat di langit, syafaat yang akan memanfaatkan apa-apa kecuali setelah Allah telah memberikan cuti bagi siapa yang Dia kehendaki dan senang dengan) 5326, dan,

وَلاَ يَشْفَعُونَ إِلاَّ لِمَنِ ارْتَضَى

(Mereka tidak bisa syafaat kecuali untuk dia dengan siapa Ia berkenan) 2128. Ayat ini menegaskan kebesaran Allah, kebanggaan, dan rahmat, dan bahwa tidak ada yang berani syafaat dengan Dia atas nama orang lain, kecuali dengan izin-Nya. Memang, hadis tentang syafaat itu, menyatakan bahwa Nabi berkata,

آتِي تَحْتَ الْعَرْشِ فَأَخِرُّ سَاجِدًا، فَيَدَعُنِي مَا شَاءَ اللهُ أَنْ يَدَعَنِي. ثُمَّ يُقَالُ ارْفَعْ رَأْسَكَ، وَقُلْ تُسْمَعْ، وَاشْفَعْ تُشَفَّعْ قَالَ فَيَحُدُّ لِي حَدًّا فَأُدْخِلُهُمُ الْجَنَّة

(Aku akan berdiri di bawah Arsy dan jatuh dalam sujud, dan Allah akan memungkinkan saya untuk tetap di posisi itu sebanyak yang Dia kehendaki aku setelahnya. Akan diberitahu, "Angkat kepala Anda, berbicara dan Anda akan didengar, syafaat dan syafaat Anda akan diterima''. Nabi lalu berkata, "Ia akan memungkinkan saya sebagian yang saya akan masuk ke dalam surga''). 6. Allah pernyataan,

يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ

(Dia tahu apa yang terjadi pada mereka (makhluk-Nya) di dunia ini, dan apa yang akan terjadi pada mereka di akhirat) ini mengacu pada pengetahuan yang sempurna dari semua ciptaan; masa lalu, sekarang dan masa depan. Demikian pula, Allah mengatakan bahwa malaikat menyatakan;

وَمَا نَتَنَزَّلُ إِلاَّ بِأَمْرِ رَبِّكَ لَهُ مَا بَيْنَ أَيْدِينَا وَمَا خَلْفَنَا وَمَا بَيْنَ ذلِكَ وَمَا كَانَ رَبُّكَ نَسِيّاً

(. Dan kami (malaikat) tidak turun kecuali dengan perintah Tuhanmu (hai Muhammad) Untuk Kepunyaan-Nya lah apa yang ada di hadapan kita dan apa yang di belakang kami, dan apa yang antara dua, dan Tuhanmu tidak pernah lupa) 1964 . 7. Allah pernyataan,

وَلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَآءَ

(Dan mereka tidak akan pernah kompas sesuatu dari-Nya Pengetahuan kecuali yang Dia kehendaki), menegaskan fakta bahwa tidak ada yang mencapai setiap bagian dari ilmu Allah kecuali apa yang Allah menyampaikan dan memungkinkan. Ini bagian dari Ayah menunjukkan bahwa tidak ada seorang pun yang pernah memperoleh pengetahuan tentang Allah dan Atribut-Nya, kecuali apa yang Dia menyampaikan kepada mereka. Sebagai contoh, Allah berfirman,

وَلاَ يُحِيطُونَ بِهِ عِلْماً

(Tetapi mereka tidak akan pernah kompas sesuatu pengetahuan-Nya) 20 110. 8. Allah berfirman,

وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَـوَاتِ وَالاٌّرْضَ

(Nya Kursi membentang di atas langit dan bumi.) Waki 'meriwayatkan dalam Tafsir-nya bahwa Ibn `Abbas berkata," Kursi adalah tumpuan kaki, dan tak ada yang bisa memberikan pertimbangan karena Arasy Allah.''Al-Hakim dicatat dalam Hadis dalam bukunya Mustadrak dari Ibnu Abbas, yang tidak berhubungan itu kepada Nabi Al-. Hakim berkata, "Sahih menurut kriteria Dua Sahihs, dan mereka (Al-Bukhari dan Muslim) tidak merekamnya. ''Selain itu, Ad-Dahhak mengatakan bahwa Ibn `Abbas berkata," Jika tujuh langit dan tujuh bumi rata dan diletakkan berdampingan, mereka akan menambahkan hingga ukuran cincin di gurun, dibandingkan dengan Kursi ''9.. Allah berfirman,

وَلاَ يَؤُودُهُ حِفْظُهُمَا

(Dan Dia tidak merasa lelah dalam menjaga dan memelihara mereka) yang berarti, tidak membebani atau menyebabkan Dia kelelahan untuk melindungi langit dan bumi dan semua yang ada di antara mereka. Sebaliknya, ini merupakan hal yang mudah bagi-Nya. Lebih lanjut, Allah menopang segala sesuatu, telah menonton yang sempurna atas segala sesuatu, tidak ada yang lolos pengetahuan-Nya dan tidak peduli yang pernah rahasia kepada-Nya. Semua hal tidak signifikan, sederhana dan rendah hati di hadapan-Nya. Dia adalah Paling Kaya, Terpuji. Ia melakukan apa yang Dia kehendaki, dan tidak ada yang bisa bertanya kepadaNya tentang apa yang Ia lakukan, sementara mereka akan ditanya. Dia memiliki kekuasaan tertinggi atas segala sesuatu dan segala kewaspadaan sempurna tentang. Dia adalah Yang Maha Tinggi, Besar, tidak ada tuhan yang patut disembah kecuali Dia, dan tidak ada Tuhan selain Dia. 10. Allah pernyataan,

وَهُوَ الْعَلِىُّ الْعَظِيمُ

(Dan Dia adalah Maha Tinggi lagi Maha Besar) adalah serupa dengan pernyataan-Nya,

الْكَبِيرُ الْمُتَعَالِ

(Yang Maha Besar, Yang Maha Tinggi) 1309. Ini dan sejenisnya Ayat dan otentik Hadis tentang Atribut Allah harus diobati dengan cara Salaf (nenek moyang benar) memperlakukan mereka dengan menerima makna yang jelas mereka tanpa menyamakan mereka dengan atribut penciptaan atau mengubah makna jelas mereka.


Sent from Yahoo! Mail on Android

Komentar
0 Komentar

0 komentar:

Post a Comment

.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More