Wednesday 4 May 2011

DENGAN BERBUAT BAIK ALLAH MEMUDAHKAN SGL URUSAN

1568 Hadis riwayat Abdullah bin Umar ra. dari Rasulullah saw. beliau
bersabda, Ketika tiga orang sedang berjalan, tiba-tiba turun hujan.
Mereka berteduh di dalam gua di sebuah gunung. Mendadak mulut gua itu
tertutup oleh sebuah batu besar, sehingga mereka terkurung. Satu sama
lain mengatakan, Ingatlah semua amal baik yang pernah kamu lakukan
karena Allah, lalu berdoalah kepada Allah dengan amal- amal itu.
Semoga Allah akan menolong kesulitan kita ini. Salah seorang mereka
mengatakan, Ya Allah, sesungguhnya dahulu aku punya dua orang tua yang
sudah renta. Mereka ikut keluargaku yang terdiri dari seorang istri
dan beberapa orang anak yang masih kecil. Akulah yang memelihara
mereka. Aku biasa memerah susu buat mereka, biasanya aku utamakan
kedua orang tuaku itu untuk minum terlebih dahulu daripada
anak-anakku. Suatu hari karena kesibukan pekerjaanku, sore-sore aku
baru pulang. dan aku dapati kedua orang tuaku sudah tidur. Seperti
biasanya akupun memerah susu. Aku taruh susu itu ke dalam sebuah
bejana. Aku berdiri di dekat kedua orang tuaku itu, namun aku tidak
mau membangunkan
mereka dari tidurnya yang nyenyak. Aku juga tidak membiarkan susu itu
diminum oleh anak-anakku sebelum orang tuaku, sekalipun mereka
merengek- rengek di hadapanku karena lapar dan dahaga. Aku terus setia
menunggui mereka dan mereka juga tetap pula tidur sampai terbit fajar.
Jika Engkau tahu apa yang aku lakukan itu adalah untuk mengharap
keridaan-Mu, maka tolonglah aku dari kesulitan ini, sehingga kami bisa
melihat langit. Allah berkenan menolong kesulitan mereka, sehingga
mereka bisa melihat langit. Yang lain segera mengatakan, Ya Allah,
sesungguhnya dahulu aku pernah mempunyai seorang keponakan perempuan
yang sangat aku cintai, seperti cintanya seorang laki-laki terhadap
seorang perempuan yang sangat mendalam. Aku minta supaya ia mau
melayani kemauan nafsuku, tetapi ia tidak mau, kecuali kalau aku
memberikan uang padanya sebanyak seratus dinar. Dengan susah payah
akhirnya aku mampu mengumpulkan uang sebanyak itu. Aku datang
kepadanya dengan membawa sejumlah yang ia minta tersebut. Ketika baru
saja aku hendak memulai
menyetubuhinya, ia berkata, Wahai hamba Allah, takutlah kepada Allah.
Janganlah kamu merenggut
keperawanan kecuali dengan pernikahan terlebih dahulu. Seketika itu
aku berdiri. Apabila Engkau tahu bahwa apa yang aku lakukan itu adalah
untuk mencari keridaan-Mu, maka tolonglah kami dari kesulitan ini.
Allah-pun berkenan menolong mereka. Terlihat batu besar itu agak
terbuka lagi. Yang ketiga berkata, Ya Allah, sesungguhnya pernah aku
mempekerjakan seorang pekerja dengan upah tiga sha` beras. Ketika
sudah merampungkan
pekerjaannya, ia berkata, Berikan bayaranku, tetapi aku menolaknya,
sehingga dia merasa benci kepadaku. Kemudian aku terus menanami lahan
yang dia kerjakan, sehingga aku mampu memiliki seekor sapi dan lahan
penggembalaannya.
Satu hari dia datang lagi kepadaku dan berkata, Kamu jangan menganiaya
hakku. Takutlah kepada Allah. Kemudian aku katakan padanya, Ambillah
sapi itu berikut dengan lahan
penggembalaannya.
Dia berkata, Takutlah kepada Allah, jangan menghina aku. Aku katakan,
Sesungguhnya aku tidak menghina kamu. Ambillah sapi itu berikut ladang
penggembalaannya.
Akhirnya hartaku itu diambilnya. Jika menurut-Mu apa yang aku lakukan
itu untuk mencari keridaan-Mu, maka tolonglah kami dari kesulitan yang
tinggal sedikit ini. Akhirnya Allah-pun menolong mereka

--
‎ ‎مصباح

http://www.facebook.com/abah.misbah?ref=profile#/group.php?gid=187256475997&ref=mf,
Http://nandang-MisbaH.blogspot.com,
http://sv-se.facebook.com/people/Nandang_Misbah/1297993210,
http://www.teladan.org/misbah/weblog,
http://profiles.friendster.com/56013272,
http://www.flickr.com/people/55246387@N00,
http://tagged.com/nandang_misbah
وَٱللَّهُ يَدعُواْ إِلَى دَارِ ٱلسَّلَـمِ وَيَہدِى مَن يَشَاءُ إِلَى
صِرَطٍ مُّستَقِيم

Komentar
0 Komentar

0 komentar:

Post a Comment

.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More