Tuesday 31 July 2012

IKA 383 PEDULI


ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺑَﺮَﻛَﺎﺗُﻪ

Dearest mentemen yang dirahmati dan dimuliakan Allah.... pada saatnya nanti kurang lebih 50 orang mewakili dari  IKA 383 mengadakan  baksos dan gelar berbuka puasa bersama 300 Ananda dan Duafa  sekaligus gelar Santunan: di Darussalam yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Agustus 2012. Sebagai wujud kepedulian dari Ikatan Alumni 383 yang telah diprogramkan oleh Pengurusnya, dimana salahsatu programnya adalah mewujudkan dream abulyatama untuk membangun pondok sebanyak 25 kamar, kiranya mentemen bisa ikut mendoakan untuk kelancaran dan kemudahan dalam mewujudkannya aamiin barakallahu wataqabbalallahu minna waminkum...

Kepada Mentemen terkasih yang telah berniat peduli membantu pada Ananda Darussalam dan siap mengucurkan dana hibah atau sedekah, kami mohon maap tidak bisa memenuhi harapan atau mengabulkan saran dan arahan untuk membuat proposal karena kami mengacu kepada sabda Nabi nomor...561 Hadis riwayat Abdullah bin Umar ra. bahwa, Rasulullah saw. suatu waktu ketika sedang Berada di atas mimbar, beliau menuturkan tentang sedekah dan menghindari meminta- minta. Beliau bersabda, Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Tangan yang di atas adalah yang memberi, sedangkan yang di bawah adalah yang meminta...

Hadis riwayat Umar bin Khathab ra., ia berkata: Rasulullah saw.pernah memberiku suatu pemberian, lalu aku berkata: Berikanlah saja kepada orang yang lebih memerlukannya dariku.
Pada lain kali beliau memberiku uang, aku berkata: Berikanlah kepada orang yang lebih memerlukannya dariku. Lalu Rasulullah saw. bersabda: Ambillah! Apapun harta yang datang kepadamu, sedangkan engkau tidak tamak dan tidak meminta, maka ambillah dan apa yang datang kepadamu, maka janganlah engkau dan  jiwamu mengikutinya...

ﻓِﻰ ٱﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَٱﻻْءَﺧِﺮَﺓِ ۗ ﻭَﻳَﺴْـَٔﻠُﻮﻧَﻚَ ﻋَﻦِ ٱﻟْﻴَﺘَٰﻤَﻰٰ ۖ ﻗُﻞْ ﺇِﺻْﻼَﺡٌ ﻟَّﻬُﻢْ ﺧَﻴْﺮٌ ۖ ﻭَﺇِﻥ ﺗُﺨَﺎﻟِﻂُﻮﻫُﻢْ ﻓَﺈِﺧْﻮَٰﻧُﻜُﻢْ ۚ ﻭَٱﻟﻠَّﻪُ ﻳَﻌْﻠَﻢُ ٱﻟْﻤُﻔْﺴِﺪَ ﻣِﻦَ ٱﻟْﻤُﺼْﻠِﺢِ ۚ ﻭَﻟَﻮْ ﺷَﺎٓءَ ٱﻟﻠَّﻪُ ﻷََﻋْﻨَﺘَﻜُﻢْ ۚ ﺇِﻥَّ ٱﻟﻠَّﻪَ ﻋَﺰِﻳﺰٌ ﺣَﻜِﻴﻢٌ

Dan bila mentemen bertanya tentang anak yatim,  : bahwa "Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Al-Baqarah - 2:220).

Berdasarkan dari maksud dan tujuan di atas maka Ananda sebagai pusat kepedulian kita  bertanggung jawab dan berkewajiban kepada mereka, yang mengacu kepada ayat Alquran sebagai bearikut:
a. dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, dan anak-anak yatim, (4:36)
b. Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. (107:1-7).
c. Mengurus urusan Anak Yatim secara patut adalah baik, dan jika kamu menggauli mereka, maka mereka adalah saudaramu.(2.220).
d. Nabi SAW bersabda: Demi yang mengutus aku dengan hak, Allah tidak akan menyiksa orang yang mengasihi dan menyayangi anak yatim, berbicara kepadanya dengan lembut dan mengasihi keyatiman serta kelemahannya, dan tidak bersikap angkuh dengan apa yang Allah anugerahkan kepadanya.
e. "Saya dan orang yang memelihara anak yatim itu dalam syurga seperti ini." Beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya dan merenggangkan antara keduanya itu." (Riwayat Bukhari).

Dengan kata lain kewajiban terhadap mereka bukan hanya walinya atau saya pribadi akan tetapi kita semua adalah berkewajiban mengurus mereka...
namun walau demikian kami tetap berterimakasih atas segala perhatian dan keikhlasan mentemen dan kami mendoakanya... allahumma shalli alik...ajarakallahu fima athaita watabaraka fima abqaita wajaalahu lakum thahura wassalamu alaikum warahmatullahi ..wabarakatuh..

MisbaH for Android —

ﻭَﻟَﻘَﺪْ ﻛَﺮَّﻣْﻨَﺎ ﺑَﻨِﻰٓ ءَاﺩَﻡَ ﻭَﺣَﻤَﻠْﻨَٰﻬُﻢْ ﻓِﻰ ٱﻟْﺒَﺮِّ ﻭَٱﻟْﺒَﺤْﺮِ ﻭَﺭَﺯَﻗْﻨَٰﻬُﻢ ﻣِّﻦَ ٱﻟﻂَّﻴِّﺒَٰﺖِ ﻭَﻓَﻀَّﻠْﻨَٰﻬُﻢْ ﻋَﻠَﻰٰ ﻛَﺜِﻴﺮٍ ﻣِّﻤَّﻦْ ﺧَﻠَﻘْﻨَﺎ ﺗَﻔْﻀِﻴﻼً

Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan. (Al-Isra' - 17:70)

ﺯُﻳِّﻦَ ﻟِﻠﻨَّﺎﺱِ ﺣُﺐُّ ٱﻟﺸَّﻬَﻮَٰﺕِ ﻣِﻦَ ٱﻟﻨِّﺴَﺎٓءِ ﻭَٱﻟْﺒَﻨِﻴﻦَ ﻭَٱﻟْﻘَﻨَٰﻂِﻴﺮِ ٱﻟْﻤُﻘَﻨﻂَﺮَﺓِ ﻣِﻦَ ٱﻟﺬَّﻫَﺐِ ﻭَٱﻟْﻔِﻀَّﺔِ ﻭَٱﻟْﺨَﻴْﻞِ ٱﻟْﻤُﺴَﻮَّﻣَﺔِ ﻭَٱﻷَْﻧْﻌَٰﻢِ ﻭَٱﻟْﺤَﺮْﺙِ ۗ ﺫَٰﻟِﻚَ ﻣَﺘَٰﻊُ ٱﻟْﺤَﻴَﻮٰﺓِ ٱﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ۖ ﻭَٱﻟﻠَّﻪُ ﻋِﻨﺪَﻩُۥ ﺣُﺴْﻦُ ٱﻟْﻤَـَٔﺎﺏِ

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (Ali Imran - 3:14)

ﺯُﻳِّﻦَ ﻟِﻠَّﺬِﻳﻦَ ﻛَﻔَﺮُﻭا۟ ٱﻟْﺤَﻴَﻮٰﺓُ ٱﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﻳَﺴْﺨَﺮُﻭﻥَ ﻣِﻦَ ٱﻟَّﺬِﻳﻦَ ءَاﻣَﻨُﻮا۟ ۘ ﻭَٱﻟَّﺬِﻳﻦَ ٱﺗَّﻘَﻮْا۟ ﻓَﻮْﻗَﻬُﻢْ ﻳَﻮْﻡَ ٱﻟْﻘِﻴَٰﻤَﺔِ ۗ ﻭَٱﻟﻠَّﻪُ ﻳَﺮْﺯُﻕُ ﻣَﻦ ﻳَﺸَﺎٓءُ ﺑِﻐَﻴْﺮِ ﺣِﺴَﺎﺏٍ

Kehidupan dunia dijadikan indah dalam pandangan orang-orang kafir, dan mereka memandang hina orang-orang yang beriman. Padahal orang-orang yang bertakwa itu lebih mulia daripada mereka di hari kiamat. Dan Allah memberi rezeki kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya tanpa batas. (Al-Baqarah - 2:212)

ﻳَٰٓﺄَﻳُّﻬَﺎ ٱﻟﻨَّﺎﺱُ ﺇِﻧَّﺎ ﺧَﻠَﻘْﻨَٰﻜُﻢ ﻣِّﻦ ﺫَﻛَﺮٍ ﻭَﺃُﻧﺜَﻰٰ ﻭَﺟَﻌَﻠْﻨَٰﻜُﻢْ ﺷُﻌُﻮﺑًﺎ ﻭَﻗَﺒَﺎٓﺋِﻞَ ﻟِﺘَﻌَﺎﺭَﻓُﻮٓا۟ ۚ ﺇِﻥَّ ﺃَﻛْﺮَﻣَﻜُﻢْ ﻋِﻨﺪَ ٱﻟﻠَّﻪِ ﺃَﺗْﻘَﻰٰﻛُﻢْ ۚ ﺇِﻥَّ ٱﻟﻠَّﻪَ ﻋَﻠِﻴﻢٌ ﺧَﺒِﻴﺮٌ

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (Al-Hujurat - 49:13)

89:15. Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dia dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia akan berkata: "Tuhanku telah memuliakanku".!
16. Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rizkinya maka dia berkata: "Tuhanku menghinakanku "[Maksudnya: ialah Allah menyalahkan orang-orang yang mengatakan bahwa kekayaan itu adalah suatu kemuliaan dan kemiskinan adalah suatu kehinaan seperti yang tersebut pada ayat 15 dan 16. Tetapi sebenarnya kekayaan dan kemiskinan adalah ujian Tuhan bagi hamba-hamba-Nya].
17. Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya kamu tidak memuliakan anak yatim [Yang dimaksud dengan "tidak memuliakan anak yatim" ialah tidak memberikan hak-haknya dan tidak berbuat baik kepadanya).
18. dan kamu tidak saling mengajak memberi makan orang miskin,
19. dan kamu memakan harta pusaka dengan cara mencampur baurkan (yang halal dan yang bathil),
watuhibbuuna almaala hubban jammaan
20. dan kamu mencintai harta benda dengan kecintaan yang berlebihan.
ﻭَﻟَﻢْ ﻧَﻚُ ﻧُﻂْﻌِﻢُ ٱﻟْﻤِﺴْﻜِﻴﻦَ
dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, (Al-Muddassir - 74:44)
ﻭَﻳُﻂْﻌِﻤُﻮﻥَ ٱﻟﻂَّﻌَﺎﻡَ ﻋَﻠَﻰٰ ﺣُﺒِّﻪِۦ ﻣِﺴْﻜِﻴﻨًﺎ ﻭَﻳَﺘِﻴﻤًﺎ ﻭَﺃَﺳِﻴﺮًا
Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan. (Al-Insaan - 76:8)
ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﻧُﻂْﻌِﻤُﻜُﻢْ ﻟِﻮَﺟْﻪِ ٱﻟﻠَّﻪِ ﻻَ ﻧُﺮِﻳﺪُ ﻣِﻨﻜُﻢْ ﺟَﺰَآءً ﻭَﻻَ ﺷُﻜُﻮﺭًا
Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih. (Al-Insaan - 76:9)
ﻭَﻻَ ﺗَﺤَٰٓﻀُّﻮﻥَ ﻋَﻠَﻰٰ ﻃَﻌَﺎﻡِ ٱﻟْﻤِﺴْﻜِﻴﻦِ
dan kamu tidak saling mengajak memberi makan orang miskin, (Al-Fajr - 89:18)
ٱﻟَّﺬِﻯٓ ﺃَﻃْﻌَﻤَﻬُﻢ ﻣِّﻦ ﺟُﻮﻉٍ ﻭَءَاﻣَﻨَﻬُﻢ ﻣِّﻦْ ﺧَﻮْﻑٍۭ
Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan. (Quraisy - 106:4)
ﻭَﻻَ ﻳَﺤُﺾُّ ﻋَﻠَﻰٰ ﻃَﻌَﺎﻡِ ٱﻟْﻤِﺴْﻜِﻴﻦِ
dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. (Al-Ma'un - 107:3)
ﻗُﻞِ ٱﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻣَٰﻠِﻚَ ٱﻟْﻤُﻠْﻚِ ﺗُﺆْﺗِﻰ ٱﻟْﻤُﻠْﻚَ ﻣَﻦ ﺗَﺸَﺎٓءُ ﻭَﺗَﻨﺰِﻉُ ٱﻟْﻤُﻠْﻚَ ﻣِﻤَّﻦ ﺗَﺸَﺎٓءُ ﻭَﺗُﻌِﺰُّ ﻣَﻦ ﺗَﺸَﺎٓءُ ﻭَﺗُﺬِﻝُّ ﻣَﻦ ﺗَﺸَﺎٓءُ ۖ ﺑِﻴَﺪِﻙَ ٱﻟْﺨَﻴْﺮُ ۖ ﺇِﻧَّﻚَ ﻋَﻠَﻰٰ ﻛُﻞِّ ﺷَﻰْءٍ ﻗَﺪِﻳﺮٌ
Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Ali Imran - 3:26)

--
Sent from Gmail Android MisbaH Mobile

Komentar
0 Komentar

0 komentar:

Post a Comment

.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More