Saturday 10 April 2010

konsep sehat ala nabi

----Email Diteruskan----
Dari: nandang.misbah@yahoo.co.id
Kepada: nandang.misbah@yahoo.co.id
Email Keluar: Rab, 07 Apr 2010 09:21 WIB
Judul: "Ustadz Jefry Al-Buchori" mengirimi Anda pesan di Facebook...

Sigit Suprianto mengirim pesan kepada anggota Ustadz Jefry Al-Buchori.

--------------------
Judul: RESEP SEHAT MENURUT RASULULLAH SAW


Rasul bersabda:
"Mukmin yg kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah dari pada mukmin yg lemah" ( H.R Muslim, Ibnu Majah dan Abu Hurairah).

Rasulullah sebagai teladan terbaik bagi umatnya, termasuk dalam hal kesehatan. Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa Rasul hanya dua kali sakit selama hidup nya, yaitu ketika pertama kali menerima wahyu dan ketika Allah akan memanggilnya.
Berbeda dengan kita yg sering didera sakit, mulai dari sakit ringan seperti sakit kepala, flu, pegal-pegal hingga penyakit berat seperti jantung, gangguan ginjal, darah tinggi, stroke, dan stres.

Sebagai umatnya, sudah seharusnya kita meneladani Rasul, termasuk dalam menjaga kesehatan, yang merupakan nikmat yg sangat mahal dan berharga.

Beberapa resep hidup Rasul antara lain adalah:

1. Selalu bangun sebelum Shubuh
2. Aktif menjaga kebersihan. Dalam Islam, Thaharah merupakan hal yg penting. Dalam sebuah hadist dikatakan " Allah tidak akan menerima Shalat yg tidak disertai dengan bersuci ( H.R Muslim, Ahmad, dan Ibnu majah)
3. Pola makan yg sehat dan seimbang. Dalam Islam, makanan yg sehat dan baik adalah makanan halalan (halal) dan Thayyiban(baik atau bergizi). Rasul mencontohkan pola makan yg terbaik, caranya tidak makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Pada prinsipnya, makan hanya untuk menyambung hidup.Pola makan seperti ini, jika diterapkan dapat menghindarkan diri dari perilaku konsumtif dan kecenderungan memperturutkan hawa nafsu perut yg dapat menimbulkan penyakit dan masalah kesehatan. Khalifah Abu Bakar RA pernah berkata, " Aku tidak lagi merasa kenyang setelah masuk Islam, supaya aku dapat rasakan manisnya beribadah kepada Allah. Aku tidak pernah lagi minum yg menyegarkan supaya dapat bertemu Tuhanku. Banyak makan menyebabkan kegemukan, dan mata selalu mengantuk, badan terasa lemas sehingga aktivitasnya hanya tidur. kalau sudah begini, dia bagaikan bangkai yg tiada berguna."
4. Menyambung silaturrahim. Allah berjanji bahwa orang yg gemar bersilaturrahim akan diperluas rezekinya dan di perpanjang umurnya. bahkan, Rasul mengancam orang yg memutus silaturrahim tidak dapat masuk surga.
5. Menghindarkan diri dari menhkonsumsi barang yg merusak seperti minuman keras, makanan haram, obat-obat terlarang yg jelas merugikan kesehatan.
6. Banyak berolah raga
7. Banyak berpuasa. Rasul bersabda, " berpuasalah, engkau akan sehat." (H.R Ibnu Suni dan Abu Nu'aim dari Abu Hurairah)
8. Tidak pemarah
9. Shalat. Setiap gerakan shalat yg teratur dan tuma'ninah memberikan efek positif untuk melancarkan peredaran darah dan melenturkan otot-otot yg kaku.
--------------------

Untuk membalas pesan ini, ikuti tautan di bawah ini:
http://www.facebook.com/n/?inbox%2Freadmessage.php&t=1405578865709&mid=225e95bG5af32ee5279eG440411G0&n_m=nandang.misbah%40yahoo.co.id

Temukan orang dari buku alamat Yahoo di FaceBook! Pergi ke:
http://www.facebook.com/n/?find-friends%2F&ref=email&mid=225e95bG5af32ee5279eG440411G0&n_m=nandang.misbah%40yahoo.co.id


=======================================
Pesan ini ditujukan untuk nandang.misbah@yahoo.co.id. Jika Anda tidak ingin lagi menerima email sejenis ini dari Facebook, klik tautan berikut untuk berhenti berlangganan.
http://www.facebook.com/o.php?k=ed4695&u=100000510322590&mid=225e95bG5af32ee5279eG440411G0
Kantor Facebook beralamat di 1601 S. California Ave., Palo Alto, CA 94304.

__________________________________________________
Apakah Anda Yahoo!?
Lelah menerima spam? Surat Yahoo! memiliki perlindungan terbaik terhadap spam
http://id.mail.yahoo.com

Komentar
0 Komentar

0 komentar:

Post a Comment

.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More