Friday 11 October 2013

Kebaikan

Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada (2:148)

"Jagalah kalian dari neraka sekalipun dengan (bershadaqah) sebelah butir kurma".

Kebaikan Kadang diaktualisasikan  sesuai Interpretasi dan keinginan kita yang diwujudkan dengan perbuatan dalam jumlah yang banyak sesuai selera kepuasan dan tidak memalukan, ...

hal ini tdk sesuai dengan keikhlasan dalam beramal, padahal sekecil apapun ada nilai dan ganjaran disisi Allah, bukan dinilai dengan kuantitas, rasa, dan estetika menurut hati kita, seperti pentil dalam sebuah mobil tidak dianggap remeh atau spele, sebentuk kecilpun tetap manfaatnya akan besar dalam memajukan mobil  demikian pula kita tdk menganggap kecil suatu kesalahan atau kejahatan karna itu  tetap akan diminta pertanggung jawabannya, seperti duri yang nancap dikaki, bila ada bakterinya bisa membuat seseorang diamputasi, demikian pula sebaliknya...

Rasulullah bersabda: "Telah didekatkan surga kepadaku hingga seandainya aku dibenarkan (berani) untuk mengambilnya tentu aku akan bawakan kepada kalian kurma dari kurma-kurma didalamnya. Dan didekatkan juga neraka kepadaku hingga aku berkata, 'Wahai Rabb, aku bersama mereka. Tiba-tiba aku melihat seorang wanita'. Aku (Nafi') menduga beliau mengatakan, "Dicakar-cakar oleh seekor kucing. Aku bertanya, 'Apa yang menyebabkan demikian? Mereka menjawab, 'Wanita tersebut mengurung  kucing tersebut hingga mati karena kelaparan karena dia tidak memberinya makan atau membiarkan kucing tersebut pergi mencari makan.' Nafi' berkata, "Aku menduga beliau mengatakan, "Mencari makan dari serangga di permukaan tanah'."

"Barangsiapa yang bershadaqah dengan sebutir kurma hasil dari usahanya sendiri yang baik (halal), sedangkan Allah tidak menerima kecuali yang baik saja, maka sungguh Allah akan menerimanya dengan tangan kananNya lalu mengasuhnya untuk pemiliknya sebagaimana jika seorang dari kalian mengasuh anak kudanya hingga membesar seperti gunung".

jagalah kalian dari neraka sekalipun dengan (bershadaqah) sebutir kurma. Jika dia tidak memilikinya maka dengan berkata yang baik".

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. ( Surah Al-Zalzala, Verse 7- 8)

Komentar
0 Komentar

0 komentar:

Post a Comment

.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More