Monday 13 May 2013

Ujian

1679 Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata, Bahwa ia mendengar
Nabi saw. bersabda, Ada tiga orang Bani Israel seorang kulitnya
belang-belang, yang satunya botak dan yang ketiga buta. Allah ingin
menguji mereka dengan mengirimkan malaikat. Malaikat ini mendatangi
orang yang berpenyakit belang lalu bertanya, Apa yang paling kamu
sukai ؟ orang itu menjawab, Warna yang bagus, kulit yang indah dan
hilangnya penyakit yang membuat orang jijik kepadaku. Malaikat
tersebut mengusap tubuhnya, maka hilanglah penyakitnya dan ia diberi
warna kulit yang bagus dan indah. Malaikat bertanya lagi, Apa harta
yang paling kamu senangi ؟ orang itu menjawab, Unta, atau ia menjawab,
Sapi. (Ishak ragu-ragu tentang itu). Ia-pun diberi unta yang hampir
melahirkan, lalu malaikat berkata, Semoga Allah memberkahinya untukmu.
Kemudian malaikat mendatangi yang kedua, orang yang botak, lalu
bertanya, Apa yang paling kamu sukai ؟ orang itu berkata, Rambut yang
indah dan hilangnya penyakit yang membuat jijik kepadaku. Malaikat
mengusapnya, maka hilanglah penyakitnya dan ia diberi rambut yang
indah. Malaikat bertanya lagi, Harta apa yang paling kamu sukai ؟ ia
menjawab, Sapi. Ia-pun diberi sapi yang sedang hamil, lalu malaikat
berkata, Semoga Allah memberkahinya untukmu. Kemudian malaikat
mendatangi yang ketiga, orang yang buta, lalu bertanya, Apa yang
paling kamu sukai ؟ ia menjawab, Allah mengembalikan penglihatanku
sehingga aku bisa melihat orang-orang. Malaikat-pun mengusapnya,
sehingga penglihatanya kembali. Malaikat itu bertanya lagi, Harta apa
yang paling kamu sukai ؟ ia menjawab, Kambing. Ia-pun diberi kambing
yang beranak. Selanjutnya semua binatang yang diberikan tadi
beranak-pinak sehingga orang yang berpenyakit belang bisa mempunyai
unta satu jurang, yang botak mempunyai sapi satu jurang dan yang
asalnya buta memiliki kambing satu jurang. Pada suatu ketika malaikat
tadi mendatangi orang yang berpenyakit belang dalam bentuk dan cara
seperti dulu lalu berkata, Saya orang miskin, kehabisan bekal
perjalanan. Tiada lagi yang dapat mencukupi biaya saya kecuali Allah
dan Anda. Demi Zat yang telah menganugerahi Anda warna yang bagus,
kulit yang indah dan harta benda, saya minta seekor unta untuk saja
untuk belanja saya dalam perjalanan. Orang itu berkata, Hak-hak yang
harus kupenuhi juga masih banyak. Malaikat berkata kepadanya, Saya
seperti mengenal Anda, bukankah Anda dulu berpenyakit belang yang
dianggap menjijikkan oleh orang-orang ؟ yang dulu fakir lalu diberi
harta oleh Allah ؟ Orang itu berkata, Aku mewarisi harta ini dari
orang tua saya. Malaikat berkata, Kalau Anda berdusta, Allah akan
mengembalikan anda seperti sedia kala. Setelah itu malaikat tadi
mendatangi yang kedua, orang yang dulu botak. Ia berkata kepadanya
seperti apa yang dikatakannya kepada yang pertama, orang yang belang.
Orang itu menjawabnya seperti jawaban yang pertama, orang yang belang
tadi. Malaikat berkata, Jika Anda berdusta, Allah akan mengembalikan
anda seperti dulu lagi. Sesudah itu malaikat mendatangi yang ketiga.
Dia berkata, Saya seorang pengembara miskin yang kehabisan perbekalan
dalam perjalanan, tiada lagi yang dapat mencukupi saya kecuali Allah
dan anda. Demi Zat yang telah memulihkan penglihatan Anda, saya minta
seekor kambing untuk biaya saya dalam perjalanan. Orang itu berkata,
Dulu saya buta lalu Allah memulihkan penglihatan saya, maka ambillah
yang anda inginkan dan tinggalkan yang tidak anda inginkan karena
Allah. Malaikat berkata, Tahan saja harta anda, kalian hanya diuji dan
anda telah diridai, sedang kedua teman anda tidak disukai

وَٱللَّهُ يَدۡعُوٓاْ إِلَىٰ دَارِ ٱلسَّلَـٰمِ وَيَہۡدِى مَن يَشَآءُ إِلَىٰ
صِرَٲطٍ۬ مُّسۡتَقِيم

Komentar
0 Komentar

0 komentar:

Post a Comment

.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More