Saturday 3 March 2012

Watch "Nuruddin Al-Banjari -7 Amalan Jariyah.flv" on YouTube

http://www.youtube.com/watch?v=fAlkTA7d-eo&feature=youtube_gdata_player

69. Dan barangsiapa yang menta'ati Allah dan
Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan
orang-orang yang dianugerahi ni'mat oleh Allah,
yaitu : Nabi-nabi, para shiddiiqiin [314], orang-
orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh.
Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.
[314] Ialah : orang-orang yang amat teguh
kepercayaannya kepada kebenaran Rasul, dan
inilah orang-orang yang dianugerahi ni'mat
sebagaimana yang tersebut dalam ayat 7 surat Al
Faatihah.
SEBAB TURUNNYA AYAT: Thabrani dan Ibnu
Murdawaih mengetengahkan dengan sanad yang
tak ada jeleknya dari Aisyah, katanya, "Seorang
laki-laki datang kepada Rasulullah saw. lalu
katanya, 'Wahai Rasulullah! Anda lebih saya cintai
dari diri saya, dan lebih saya kasihi dari anak saya.
Mungkin suatu saat saya sedang berada di rumah,
lalu teringat kepada Anda, maka hati saya tak
sabar hingga saya datang dan sempat melihat
wajah Anda. Dan jika saya ingat akan kematian
saya dan kematian Anda, saya pun maklum bahwa
tempat Anda ditinggikan bersama para nabi, saya
khawatir jika saya masuk surga tidak akan sempat
melihat Anda lagi.' Nabi saw. tidak menjawab
sedikit pun hingga turunlah Jibril membawa ayat
ini, 'Dan barangsiapa yang taat kepada Allah dan
kepada rasul...' sampai akhir ayat." (Q.S. An-Nisa
69) Ibnu Abu Hatim mengetengahkan dari Masruq,
bahwa para sahabat Nabi saw. mengatakan,
"Wahai Rasulullah! Tidak sepatutnya kami berpisah
dengan Anda, karena sekiranya Anda wafat, maka
Anda akan dinaikkan di atas kami hingga kami
tidak sempat melihat Anda lagi. Maka Allah pun
menurunkan, 'Dan barangsiapa yang taat kepada
Allah dan rasul...' sampai akhir ayat." (Q.S. An-Nisa
69) Dan diriwayatkan dari Ikrimah, katanya,
"Seorang anak muda datang kepada Nabi saw. lalu
katanya, 'Wahai Nabi Allah! Di dunia ini sesekali
kami dapat juga melihat Anda, tetapi di hari
kiamat kami tak dapat melihat Anda lagi karena
Anda berada dalam surga pada tingkat yang tinggi.'
Maka Allah pun menurunkan ayat ini. Lalu sabda
Rasulullah saw. kepadanya, 'Kamu insya Allah
berada bersama saya di dalam surga.'" Ibnu Jarir
mengetengahkan pula yang sama dengan itu dari
mursal Said bin Jubair, Masruq, Rabi', Qatadah dan
As-Saddiy.
Surah: An-Nisaa - Ayat: 69

Sent from Yahoo! Mail on Android

Komentar
0 Komentar

0 komentar:

Post a Comment

.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More