Wednesday 28 March 2012


Aswrwb...mentemen terkasih berbahagialah kita memiliki orang tua, karena jasa merekalah kita ada, hingga kita menjadi dewasa adalah kasih sayangnya, kita dipelihara dibesarkan dan dididik sampai kita menjadi manusia sempurna. maka dari itu  pengabdian kedua setelah kepada Allah tentunya kepada kedua orang tua, ...terutama ibu kita sebagaimana yang telah disabdakan Rasulullah saw dalam percakapan dengan sahabat beliau... ya Rasulullah kepada siapa kita harus berbuat baik setelah  mengabdi kepada Allah, maka beliau menjawab kepada ibumu, ... lantas kepada siapa lagi ya Rasul, kepada ibumu, ...kemudian kepada siapa lagi ya Rasulullah, kepada ibumu...kemudian kepada siapa lagi ya Rasulullah, kepada ayahmu...ternyata survey membuktikan bahwa ibu kita mengandung tidak mengenal lelah dari siang hingga malam selama 9 bulan ditambah menyusui selama 30 bulan, kemudian memelihara membesarkan dengan makan dan pakaianya serta mendidik dan berjuang serta berdoa untuk kebaikan kita agar sehat sempurna serta dirahmati Allah dan kasih sayangnya sepanjang jaman serta tidak mengenal batas usia atau status kita tetap mencintai dan menyayangi sampai akhir hayatnya...
'Beribadahlah kalian hanya kepada Allah dan janganlah menjadikan sekutu bagi-Nya dalam hal-hal ketuhanan dan peribadatan. Berbuat baiklah kepada orangtuamu tanpa kelalaian. Juga kepada sanak keluarga, anak yatim, orang-orang yang memerlukan bantuan karena ketidakmampuan atau karena tertimpa bencana, tetangga dekat, baik ada hubungan keluarga maupun tidak, teman dekat seperjalanan, sepekerjaan atau sepergaulan, orang musafir yang membutuhkan bantuan karena tidak menetap di suatu negeri tertentu, dan budak laki-laki atau perempuan yang kalian miliki. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri kepada sesama, yaitu orang yang tidak memiliki rasa belas kasih dan orang yang selalu memuji diri sendiri.' (4:36) - Holy Quran (StudyQuran for Android).

pantaslah tidak terbalas kasih sayang mereka walaupun kita sudah bisa memberi merawat dan menyayanginya, sebagaimana yang disabdakan Rasulullah atas pertanyaan dari sahabatnya, ya Rasulullah saya memiliki ibu yang sudah tua renta makanya saya jaga saya rawat dan saya sayangi melebihi kepada keluarga saya dalam memberi makan, pakaian, saya tutupi segala kebutuhannya dan saya gendong kemanapun beliau mau pergi, ...apakah sudah terbalaskan kasih sayang saya kepada ibu dengan kebaikan saya ini,...beliau bersabda kasih sayangmu belum ada seujung kukumu ...sehingga orang bilang kasih sayang anak kpd orang tua hanya sepanjang jalan sedangkan kasih sayang mereka sepanjang jaman...pantaslah Allah mewajibkan kita untuk berbuat baik (birulwalidain) kepada kedua orang tua.

'Kami memerintahkan kepada manusia untuk berbuat baik kepada kedua orangtuanya. Ibunya telah mengandung dan melahirkannya dengan susah payah. Pada masa mengandung dan menyapihnya--yang berlangsung selama tiga puluh bulan--sang ibu merasakan berbagai penderitaan. Ketika sang anak telah menginjak dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun, ia berdoa, "Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku. Berilah aku petunjuk untuk selalu melakukan amal kebaikan yang Engkau ridai. Jadikanlah anak keturunanku sebagai orang yang saleh. Sesungguhnya aku bertobat kepada-Mu dari segala dosa, dan aku termasuk orang yang berserah diri kepada-Mu. " Berdasarkan ayat ini, dapat diketahui bahwa masa mengandung setidaknya berlangsung selama sembilan bulan. Disebutkan bahwa masa mengandung dan masa menyusui (sampai dengan masa sapih) berlangsung selama 30 bulan. Sementara, dalam surat Luqmân ayat 14, disebutkan bahwa masa menyusui berlangsung selama dua tahun (24 bulan) Dalam dalam surat al-Baqarah ayat 233 disebutkan juga bahwa masa menyusui berlangsung selama dua tahun penuh. Maka, kalau masa mengandung dan masa menyusui--yaitu 30 bulan--itu dikurangi masa menyusui saja--yaitu 24 bulan--dapat diketahui bahwa masa mengandung adalah enam bulan. Dan hal ini sesuai dengan penemuan ilmiah bahwa seorang bayi yang lahir pada usia kehamilan enam bulan dapat hidup.' (46:15) - Holy Quran (StudyQuran for Android).




Sent from Android Galaxy S2  MisbaH

http://anandadarussalam.co.cc

وَٱللَّهُ يَدۡعُوٓاْ إِلَىٰ دَارِ ٱلسَّلَـٰمِ وَيَہۡدِى مَن يَشَآءُ إِلَىٰ
صِرَٲطٍ۬ مُّسۡتَقِيم
http://nandang-misbah.blogspot.com
http://www.facebook.com/abah.misbah?ref=profile#/group.php?gid=187256475997&ref=mf

Komentar
0 Komentar

0 komentar:

Post a Comment

.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More