Saturday 16 November 2013

Macam Manusia

Dunia dihuni empat ragam manusia.

Pertama, seorang hamha diberi Allah harta kekayaan dan ilmu pengetahuan Ialu bertakwa kepada Robbnya, menyantuni sanak-keluarganya dan melakukan apa yang diwajibkan Allah atasnya maka dia berkedudukan paling mulia_

Kedua, seorang yang diberi Allah ilmu pengetahuan saja, tidak diberi harta, tetapi dia tetap berniat untuk bersungguh- sungguh_ Sebenarnya jika memperoleh harta dia juga akan berbuat seperti yang dilakukan rekannya (kelompok yang pertama). Maka pahala mereka berdua ini adalah (kelompok pertama dan kedua) sama.

Ketiga, seorang hamba diberi Allah harta kekayaan tetapi tidak diberi ilmu pengetahuan_ Dia membelanjakan hartanya dengan berhamhuran (foya-foya) tanpa ilmu (kebiiaksanaan) . Ia juga tidak bertakwa kepada Allah, tidak menyantuni  keluarga dekatnya, dan tidak memperdulikan hak Allah. Maha dia berkedudukan paling jahat dan keji_

Keempat, seorang hamha yang tidak memperoleh rezeki harta maupun ilmu pengetahuan dari Allah lalu dia berkata seandainya aku memiliki harta kekayaan maka aku akan melakukan seperti layaknya orang-orang yang menghamburkan uang, serampangan dan membabi-buta (kelompok yang ketiga), maka timhangan keduanya sama. (HR. Tirmidzi dan Ahmad)

Komentar
1 Komentar

1 komentar:

Dua hal apabila dimiliki oleh seseorang dia dicatat oleh Allah sebagai orang yang bersyukur dan sabar_ Dalam urusan agama (ilmu dan ibadah) dia melihat kepada yang lebih tinggi lalu meniru dan mencontohnya Dalam urusan dunia dia melihat kepada yang Iebih bawah, lalu bersyukur kepada Allah bahwa dia masih diberi kelebihan. (HR. Tirmidzi)

Yang paling pandai bersyukur kepada Allah adalah orang yang paling pandai bersyukur kepada manusia_ (HR. Ath- Thabrani)

Post a Comment

.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More