Sunday 12 June 2016

Ummat Nabi

Ummat Nabi,

Kullu ummati yadhulul jannah, semua ummatku pasti masuk Surga. Apakah dengan syahadat kepada Nabi (asyhadu anna Muhammmadan rasulullah, saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu adalah utusan Allah) sudah serta merta menjadi ummat nabi, tentunya disebut ummat nabi bila kita sudah berada dalam grup nabi , paling tidak mengikuti rombongan nabi.

Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah:
1. keras terhadap orang-orang kafir,
2. tetapi berkasih sayang sesama mereka.
3. Kamu lihat mereka ruku' dan sujud (salat berjamaah)
4. mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya,
5. tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud (48:28).  atau ittiba kepada beliau dengan menjalankan semua sunnah sunnahnya (baik itikad atau niat, ucapan lisan dan perbuatannya, paling tidak diamnya juga harus mengikuti nabi, sebagaimana dalam firman Allah Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(3:31)

Dengan kata lain bahwa ummat nabi itu ada cirinya Yaitu)
1. orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka,
2. yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma'ruf dan
3. melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar
4. dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik
5. dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk
6. dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka.

Maka orang-orang yang beriman kepadanya.

1. memuliakannya (Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.33:56),

2. menolongnya (Sesungguhnya Kami menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari berdirinya saksi-saksi (hari kiamat),40:51). Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.(47:7). Juga) bagi orang fakir yang berhijrah yang diusir dari kampung halaman dan dari harta benda mereka (karena) mencari karunia dari Allah dan keridhaan-Nya dan mereka menolong Allah dan Rasul-Nya. Mereka itulah orang-orang yang benar.(59:8)

3. dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Quran)Dan janganlah kamu percaya melainkan kepada orang yang mengikuti agamamu. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk (yang harus diikuti) ialah petunjuk Allah, dan (janganlah kamu percaya) bahwa akan diberikan kepada seseorang seperti apa yang diberikan kepadamu, dan (jangan pula kamu percaya) bahwa mereka akan mengalahkan hujjahmu di sisi Tuhanmu". Katakanlah: "Sesungguhnya karunia itu di tangan Allah, Allah memberikan karunia-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Luas karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui";(3:73), (Aku tidak mengikuti kecuali apa yang diwahyukan kepadaku. Katakanlah: "Apakah sama orang yang buta dengan yang melihat?" Maka apakah kamu tidak memikirkan(nya)?"(6:50)), (Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah).6:116)   mereka itulah orang-orang yang beruntung. (7:157)

Komentar
0 Komentar

0 komentar:

Post a Comment

.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More